Sabtu, 13 April 2013

CARA MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL

Para pembaca yang budiman,
Cara meningkatkan kecerdasan sosial menurut Prof. Dr. Khalil Khavari, sebagaimana dikutip Muhidin, 2011 dalam Abdul Wahid, adalah sebagai berikut:

1. Mulailah dengan banyak merenungkan secara mendalam persoalan-persoalan hidup yang terbaik, baik di dalam diri sendiri, termasuk yang terjadi di luar diri sendiri. Perenungan bisa dilakukan di tempat-tempat sunyi sehingga lebih memungkinkan kepada otak untuk bekerja secara efektif dan maksimal.

2. Melihat kenyataan-kenyataan hidup secara utuh dan menyeluruh. Adapun yang dialami baik kesedihan dan penderitaan haruslah diletakkan dalam bingkai yang lebih bermakna. Dengan demikian jika datang penderitaan, kita akan melewati dengan ketenangan dan kesabaran.

3. Mengenali motif diri, motif atau tujuan yang kuat akan memiliki implikasi yang kuat bagi seseorang dalam mengarungi kehidupan, sebab motif merupakan energi yang sangat luar biasa yang menggerakkan potensi diri.

Sedangkan menurut sukidi dalam Muhidi, 2011, empat langkah mengasah kecerdasan spiritual adalah:
a. Kenalilah Diri Anda. Orang yang sudah tidak bisa mengenal dirinya sendiri akan mengalami krisis makna hidup maupun krisis spiritual. Karenanya, mengenali diri sendiri adalah syarat pertama untuk meningkatkan kecerdasan spiritual.

b. Lakukan Intropeksi Diri. Dalam istilah keagamaan dikenal sebagai upaya pertobatan, ajukan pertanyaan pada diri sendiri, sudahkah perjalanan hidup dan karier saya berjalan atau berada di rel yang benar?. Barangkali saat kita melakukan introspeksi, kita menemukan bahwa selama ini telah melakukan kesalahan, kecurangan, atau kemunafikan terhadap orang lain.

c. Aktifkan Hati Secara Rutin. Dalam konteks beragama adalah mengingat Tuhan. Karena, Dia adalah sumber kebenaran tertinggi dan kepada Dia-lah kita kembali. Dengan mengingat Tuhan, maka kita menjadi damai. Hal ini membuktikan kenapa banyak orang yang mencoba mengingat Tuhan melalui cara berzikir, tafakur, sholat tahajud, kontemplasi di tempat sunyi, bermeditasi, dan lain sebagainya.

d. Menemukan Keharmonisan dan Ketenangan Hidup. Kita tidak menjadi manusia yang rakus akan materi, tapi dapat merasakan kepuasan tertinggi berupa kedamaian dalam hati dan jiwa, hingga kita mencapai keseimbangan dalam hidup dan merasakan kebahagian spiritual.

Menurut Tony Buzan dalam Muhidin, 2011. beberapa cara mengembangkan kecerdasan spiritual yaitu:
Seseorang harus memahami dirinya sendiri, mengenai bakat, potensi, kemampuan istimewa yang dimilikinya. Sehingga akan memiliki semangat serta motivasi yang tinggi.
Setelah memahami dirinya, kemudian dia harus mengembangkan pemahamannya terhadap orang lain. Pemahaman terhadap bakat, potensi, keunikan orang lain sehingga menimbulkan rasa takjub terhadap orang lain.
Mengembangkan kesadaran keterhubungan terhadap keluarga, masyarakat dan kehidupan organisasi.

Menurut Abdul Wahid Hasan (2006:85-91) beberapa langkah meningkatkan kecerdasan spiritual sebagai berikut:
Mulai dengan banyak merenungkan secara mendalam persoalan-persoalan hidup yang terjadi, baik di dalam diri sendiri, termasuk di luar diri sendiri.
Melihat kenyataan-kenyataan hidup secara utuh dan menyeluruh, tidak terpisah.
Mengenali motif diri. Motif atau tujuan (niat) yang kuat akan memiliki implikasi yang kuat pula bagi seseorang dalam mengarungi kehidupan.
Merefleksikan dan mengaktualisasikan spiritualitas dalam penghayatan hidup yang konkrit dan nyata.
Merasakan kehadiran yang begitu dekat, saat berzikir, berdoa dan dalam aktivitas yang lain. ***

posted from Bloggeroid

4 komentar:

  1. dahsyat sekali pak.. terimakasih atas inforasinya sangat bermanfaat sekali.. menambah wawasan seputar kecerdasan otak dan spiritual... salam cerdas

    BalasHapus
  2. Terimakasih kembali.... salam cerdas juga.

    BalasHapus