Sabtu, 13 April 2013

FAKTOR PENDUKUNG TERBANGUNNYA KOMITMEN PEGAWAI


Mendapatkan pegawai yang memiliki komitmen adalah impian setiap organisasi. Namun bukan perkara yang mudah untuk membangun komitmen pegawai. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa membantu organisasi membangun komitmen pegawainya.

1. People-First Value
Para pemimpin perlu membuat kebijakan yang selaras dan mendukung nilai-nilai filosofi People-First (penghargaan SDM sebagai prioritas utama) kepada para manajer dan jajarannya.  Keyakinan bahwa organisasi menempatkan kepentingan pegawai akan mendorong pegawai anda untuk juga menempatkan kepentingan organisasi sebagai prioritas.

2. Two-Way Communication/Guaranteed Fair Team
Komitmen muncul karena adanya kepercayaan, dan kepercayaan membutuhkan komunikasi dua arah. Terima dan diskusikanlah masukan-masukan mereka sebagai bagian dari rencana dan keputusan anda.

3. Creation of Sense of Community Among Employees
Membangun rasa kebersamaan pegawai dengan melibatkan mereka untuk turut peka terhadap kondisi organisasi, baik saat suka, kritis maupun duka. Rasa memiliki yang kuat akan mendorong pegawai anda ikut aktif dalam upaya membangun organisasi.

4. Exhaustive Value-Based Hiring
Organisasi yang memiliki pegawai berkomitmen tinggi tahu bahwa waktu yang tepat untuk mulai membangun komitmen adalah sebelum, bukan setelah pegawai direkrut.  Buatlah sistem perekrutan yang membantu anda mendapatkan kandidat dengan nilai-nilai yang sejalan dengan organisasi.

5. Employee Security
Berikan rasa aman bagi pegawai anda, yakinkan bahwa selama mereka bekerja dengan baik bagi organisasi, maka posisi pekerjaan mereka akan aman dan memiliki kesempatan yang sama dalam mencapai karir yang diinginkan di organisasi.

6. Rewards
Bangunlah rencana sistem penghargaan (rewards) yang mendorong pegawai anda berpikir bahwa mereka adalah mitra organisasi.

7. Employee Self-Actualization
Walau dalam teori Maslow, Self Actualization ada di puncak piramida, bukan berarti anda baru memberi  kesempatan pegawai anda untuk mengaktualisasikan diri setelah mereka memiliki posisi tinggi.  Berikan kesempatan kepada pegawai anda untuk menggunakan keterampilan dan bakat mereka secara penuh dalam menyelesaikan tugas mereka sejak dini.  ***


posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar