Kamis, 11 April 2013

KETELADANAN AKAN MEMBANGUN KEPERCAYAAN



Para pembaca yang budiman,
Percayakah anda bahwa keteladanan seorang pemimpin bisa membangun kepercayaan orang?  Percayakah anda bahwa keteladanan adalah faktor terpenting dalam sukses karir seorang aparatur?
Ketika ucapan dan tindakan anda sesuai, orang tahu bahwa mereka bisa mempercayai anda.  Dalam buku terlarisnya The Seven Habits of Highly Effective People, Stephen Covey menuliskan mengenai pentingnya integritas bagi kesuksesan seseorang.
“Jika saya berusaha menggunakan strategi untuk memengaruhi orang lain, dan taktik untuk membuat mereka melakukan hal yang saya inginkan, bekerja lebih baik, menjadi lebih termotivasi, serta menyukai saya dan rekan kerja mereka, sementara karakter saya pada dasarnya cacat, ditandai dengan kepalsuan atau ketidakjujuran, maka, dalam jangka panjang, saya tidak akan bisa sukses.  Kepalsuan saya akan melahirkan ketidakpercayaan atas segala hal yang saya lakukan, bahkan dengan teknik yang sangat baik sekalipun, akan dilihat sebagai sebuah penipuan.”
“Jika tidak ada rasa percaya, maka seorang pemimpin akan sangat sulit mendapatkan dukungan dari pengikutnya.  Bahkan meskipun perkataan yang digunakan pemimpin sangat menggugah atau bahkan tujuan yang dikemukakan sangat mulia”.
Integritas adalah hal penting untuk meraih kesuksesan, baik pribadi maupun dalam urusan kantor.  Integritas artinya seseorang itu berpegang teguh pada prinsip-prinsip kebenaran.  UCLA Graduate School of Management, dan Korn/Ferry International of New York City melakukan survey bersama pada 1.300 orang eksekutif senior.  Tujuh puluh satu persen dari mereka mengatakan bahwa integritas adalah kualitas yang paling dibutuhkan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar