Jumat, 12 April 2013

PEMIMPIN MEMBANGUN KEBERSAMAAN



Prinsip Ing Madyo Mangun Karso sarat dengan makna kebersamaan, kekompakan, dan kerjasama.  Seorang pemimpin tidak hanya melihat kepada orang yang dipimpinnya, melainkan ia juga harus berada di tengah-tengah orang yang dipimpinnya.  Maka sangat tidak terpuji bila seorang pemimpin hanya diam dan tak berbuat apa-apa sedangkan orang yang dipimpinnya menderita.
Selain itu pemimpin harus kreatif dalam memimpin, sehingga orang yang dipimpinnya mempunyai wawasan baru dalam bertindak.  Ditambah lagi seorang pemimpin harus melindungi segenap orang yang dipimpinnya.  Ketika seorang pemimpin berada di tengah-tengah stafnya, bersama melakukan proses pencapaian kinerja, maka menghadapi masalah dan menyelesaikannya adalah sebuah keniscayaan bagi seorang pemimpin. 
Berkaitan dengan pemecahan masalah, seorang pemimpin harus dapat menghadapinya dengan tenang, berfikir positif, tanpa membuat gejolak apapun, serta dapat diterima oleh semua pihak yang berkepentingan. Problem solving yang diajukan oleh Ki Hajar Dewantoro diilustrasikan sebagai cara menangkap ikan di dalam air keruh — ikannya tertangkap, airnya menjadi bening.  Prinsip pemecahan masalah ini terkenal dengan istilah Neng-Ning-Nung-Nang.  Bagaimana caranya?
Pertama, untuk dapat menangkap ikan pada air keruh, maka airnya harus meneng (Neng), air harus didiamkan agar tenang atau meneng.  Bila air sudah menjadi tenang, maka air akan berubah menjadi bening (Ning). Kedua, bila air sudah tenang dan menjadi bening, maka akan kelihatan dimana dunung-nya (Nung) ikan yang akan kita tangkap.  Ketiga, bila kita sudah tahu dimana dunungnya ikan yang akan kita tangkap, maka kita akan dengan mudah menentukan bagaimana cara menangkapnya, dengan alat apa, siapa yang harus menangkap, sesuai dengan kompetensi atau kewenangan (Nang) siapa. Keempat, pemimpin selanjutnya akan menetapkan kewenangan siapa yang layak dan seharusnya menangkap ikan tersebut. Jadi inti dalam problem solving ini adalah: pemimpin tanpa ragu-ragu akan menetapkan siapa mengerjakan apa, siapa sebagai apa, dan siapa melakukan kewenangan apa didalam suatu lembaga yang dipimpinnya.  ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar