Sabtu, 13 April 2013

HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN SDM, TINGKAT KOMITMEN, DAN KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI

Para pembaca yang budiman,
Komitmen aparatur sangat penting untuk menjadikan lembaga tetap kompetitif dalam menghadapi tekanan tuntutan produktivitas dan kualitas pelayanan. Menurut Kreitner dan Kinicki (dalam Jurnal Manajemen, 2011), komitmen yang lebih tinggi dapat mempermudah terwujudnya produktivitas yang lebih tinggi. 

Agar dapat menjawab tuntutan kinerja dan pelayanan publik yang semakin meningkat, sebuah institusi pemerintah membutuhkan peningkatan produktivitas disemua tingkatan. Untuk mencapai ini diperlukan komitmen yang kuat dari seluruh aparatur. 

Pelayanan yang terbaik kepada masyarakat tidak akan dapat dicapai tanpa dedikasi dan komitmen yang tinggi dari aparatur.  Pegawai akan memperlakukan masyarakat dengan cara bagaimana mereka sendiri diperlakukan.  Apabila pegawai mendapat perlakukan yang baik dari organisasi, maka merekapun akan memperlakukan masyarakat dengan cara yang sama.  Ini adalah hubungan langsung antara manajemen SDM yang baik, tingkat komitmen aparatur terhadap organisasi, dan standar pelayanan kepada masyarakat. 

Dengan diperlakukannya pegawai dengan baik, maka pegawai dapat termotivasi untuk mencapai kesempurnaan dalam segala bidang. Mereka akan memberikan kontribusi secara sukarela, dan akan melakukan lebih daripada yang diharapkan. 

Para pembaca yang budiman,
Komitmen seorang pegawai akan menjadi lebih kuat bila pengalamannya dalam suatu organisasi konsisten dengan harapan-harapannya, dan memuaskan kebutuhan dasarnya dan sebaliknya.
Orientasi kesesuaian tujuan (Goal Congruence Orientation) seorang aparatur di dalam organisasi menekankan pada sejauh mana tujuan-tujuan pribadinya sejalan dengan tujuan-tujuan organisasi.

Pendekatan ini mencerminkan bahwa keinginan seorang pegawai untuk menerima dan berusaha mewujudkan tujuan-tujuan organisasi akan sangat dipengaruhi oleh tingkat kesesuaian tujuannya pribadi dan tujuan organisasi.

Goal congruence menunjukkan kuatnya keinginan seseorang untuk terus bekerja bagi suatu organisasi karena ia memang setuju dengan organisasi itu dan berkeinginan melakukannya. Pegawai yang mempunyai komitmen yang kuat, tetap bekerja dengan lembaga karena mereka memang menginginkan untuk bekerja pada lembaga itu. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar