Jumat, 12 April 2013

PEMIMPIN SEBAGAI MOTIVATOR



Dalam prinsip Ing  Madyo Mangun Karso, Para pemimpin terbaik adalah mereka yang memotivasi.  Memotivasi memberikan keuntungan bagi semua orang.  Siapa yang tidak akan termotivasi dan merasa lebih aman ketika pemimpinnya percaya pada mereka, mendorong mereka, berbagi dengan mereka, dan memercayai mereka.  Orang-orang menjadi lebih produktif ketika dimotivasi.  Bahkan yang lebih penting, motivasi akan memberikan dorongan, menciptakan dasar emosional dan profesional di dalam diri para pegawai.
Pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan untuk memotivasi diri sendiri (intrinsic motivation), sehingga ada atau tidak ada stimuli tetap saja akan termotivasi.  Hanya saja, kadar motivasi dari diri sendiri sering tidak stabil kehadirannya.  Untuk itulah maka motivasi dari luar dirinya (extrinsic motivation) tetap diperlukan.  Disinilah seorang pemimpin dapat mengambil peran.  Kehadirannya membuat orang tergerak untuk bertindak. 
Setelah memotivasi, seorang pemimpin juga perlu memberdayakan (empowering) pegawainya secara memadai, agar efek dari termotivasinya mereka dapat berlanjut secara efektif dalam wujud pencapaian target-target kinerja. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar