Sabtu, 13 April 2013

KARAKTERISTIK ORANG YANG CERDAS SPIRITUALNYA

Ciri orang yang cerdas spiritual itu di antaranya adalah senang berbuat baik, senang menolong orang lain, merasa memikul sebuah misi yang mulia, merasa terhubung dengan sumber kekuatan di alam semesta, dan mempunyai sense of humor yang baik.

Di Amerika, pelatihan-pelatihan kecerdasan spiritual ditujukan untuk itu, yaitu melatih orang memilih kebahagiaan di dalam hidup.

Dulu kalau ada orang depresi diobati dengan obat anti depresi seperti prozak, sekarang cukup disuruh beramal, menolong orang lain, ternyata terjadi perbaikan.

Dengan menolong dan beramal, dia menemukan bahwa hidupnya bermakna, dan itu namanya kecerdasan spiritual, jadi orang yang cerdas spiritual itu bukan yang paling rajin salatnya, tapi yang senang membantu orang lain, mempunyai kemampuan empati yang tinggi, dan bisa memilih kebahagiaan dalam hidupnya.

Danah Zohar mengatakan bahwa seorang atheis bahkan bisa memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi. Dia tidak mempersoalkan ada tidaknya Tuhan, yang penting bisa berbuat baik kepada orang banyak. Ini ciri orang yang cerdas spiritual juga. Sekarang baru terbukti secara psikologis bahwa banyak menolong orang itu membuat bahagia. Mengapa? Karena dengan begitu kita jadi menemukan misi hidup.

Kecerdasan spiritual yang berkembang dengan baik akan ditandai dengan kemampuan seseorang untuk bersikap fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, memiliki tingkat kesadaran yang tinggi, mampu menghadapi penderitaan dan rasa sakit, mampu mengambil pelajaran yang berharga dari suatu kegagalan, mampu mewujudkan hidup sesuai dengan visi dan misi, mampu melihat keterkaitan antara berbagai hal, mandiri, serta pada akhirnya membuat seseorang mengerti akan makna hidupnya (Wikipedia, 2011).

Menurut Abdul Wahid, dalam Muhidin, 2011, beberapa ciri orang yang memiliki kecerdasan spiritual adalah :
• Memiliki prinsip dan pegangan hidup yang jelas dan kuat yang berpijak pada kebenaran universal, baik berupa kasih sayang, keadilan, kejujuran, toleransi, integritas dan lain-lain. Dengan prinsip hidup yang kuat, seseorang menjadi betul-betul merdeka dan tidak diperbudak oleh siapapun.

• Memiliki kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan, dan memiliki kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit. Semua itu dihadapi dengan senyuman dan keteguhan hati, karena itu semua adalah bagian dari proses menuju kematangan kepribadian secara umum, baik moral dan spiritual.

• Mampu memaknai pekerjaan dan aktivitasnya dalam kerangka dan bingkai yang lebih luas dan bermakna. Apapun profesinya, apakah presiden, menteri, dokter, dosen, bahkan nelayan, petani, buruh, atau tukang reparasi mobil, sepeda motor hingga tukang tambal ban, tukang sapu dan lain-lain, ia akan memaknai semua aktifitas yang dijalani dengan makna yang luas dan dalam. Dengan motivasi yang luhur dan suci.

• Memiliki kesadaran diri (self-awareness) yang tinggi. Apapun yang dilakukan, dilakukan dengan penuh kesadaran.

Pakar lainnya mengungkapkan bahwa sekurangnya terdapat delapan Tanda Kecerdasan Spiritual, yaitu : fleksibel, memiliki kemampuan refleksi yang tinggi, memiliki kesadaran diri & lingkungan yang tinggi, memiliki kemampuan kontemplasi (perenungan) yang tinggi, memiliki kemampuan berpikir holistik, berani menghadapi dan memanfaatkan penderitaan, berani melawan arus dan tradisi, mempunyai prinsip sesedikit mungkin menimbulkan kerusakan. ***
posted from Bloggeroid

4 komentar:

  1. jadi intinya setia orang pasti memilii kecerdasan spiritual ya pak.. melainkan ada yang sadar atau tidak.. tapi initinya karena mereka memiliki otak kanan untk menampung kecerdasan spiritualnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Program DANA GHOIB MA'ALUN' Dengan Maksud Membantu Bpk/Ibu Yang Mengalami Kesulitan Ekonomi,Ataupun Yang Membutuhkan Dana Cepat. Seperti Membayar Hutang,Butuh Modal Usaha,Atau Ingin Merubah Nasib.


      Cara Cepat Dapatkan Uang 100JT s/d 20M PROSES 1 JAM CAIR Hari INI juga Anda Butuh Uang Mendesak ?Minimal 100JT-5M.Proses Cepat 1 Jam Cair Langsung Sekarang Juga Uang Bisa Di Pakai Untuk Bayar Hutang Perusahaan,Hutang Bank,Hutang Kartu Kredit,Hutang Rentenir,Perorangan Yang Telah Jatuh Tempo & Harus Di Bayar Hari Ini Juga & Sisanya Bisa Di Pakai Untuk Modal Usaha. Segera Hubungi Bpk H.Ilham Dermawan Telp:085215516701.Pasti Anda Akan Dibantu Dengan Bantuan Uang hibah Dengan Cara Ritual Uang Gaib 1 Jam Cair.Dijamin 100% Berhasil. Uang Bisa Langsung Di Pakai Hari Ini Juga.Bila Anda Yang Berada Di Luar Kota Tidak Bisa Datang,Jangan Putus Asa Anda Cukup Telp.Bpk H.Ilham Dermawan & Uang Bisa Langsung Di Kirim Ke rekning Bank Anda. 1 Jam Uang Langsung Bisa Di Ambil Di Bank.

      Hapus
  2. Setuju.. pada dasarnya setiap orang memiliki kecerdasan spiritual, hanya kadarnya saja yang berbeda-beda..

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki ).Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus