Kamis, 11 April 2013

INTEGRITAS TIDAK DITENTUKAN OLEH SERTIFIKAT


Karakter datang dari siapa diri kita sebenarnya.  Beberapa orang tidak ingin dinilai berdasarkan jati diri mereka.  Mereka hanya ingin  dinilai berdasarkan gelar atau posisi mereka, tanpa memedulikan karakter sedikitpun.  Mereka ingin memengaruhi orang lain berdasarkan banyaknya sertifikat yang mereka miliki, bukan kekuatan karakter mereka.  Namun sertifikat tidak akan bisa menyamai karakter.  Lihatlah perbedaan diantara kedua hal ini.

SERTIFIKAT
KARAKTER
1
Bersifat sementara
Bersifat Permanen
2
Berfokus pada hak
Berfokus pada tanggungjawab
3
Memberi nilai tambah hanya pada satu orang
Memberi nilai tambah pada banyak orang
4
Melihat pada pencapaian masa lalu
Membangun warisan untuk masa depan
5
Seringkali menimbulkan iri hati dalam diri orang lain
Membangkitkan respek dan tanggungjawab
6
Hanya membuat anda tiba di suatu tempat
Membuat anda tetap ada disana
Ketika tiba waktunya untuk memercayai orang lain, tidak ada titel, gelar, kantor, jabatan, penghargaan, lisensi, atau sertifikat lainya yang bisa menggantikan integritas yang mendasar dan jujur.
Pertanyaan untuk membantu anda mengukur integritas:
1.         Seberapa baik saya memperlakukan orang ketika tidak memperoleh apapun?
2.         Apakah saya tidak menyembunyikan apapun dari orang lain?
3.         Apakah saya bertindak sesuai dengan siapa yang ada di dekat saya?
4.         Apakah saya bersikap sama ketika disorot maupun sedang sendirian?
5.         Apakah saya segera mengakui kesalahan tanpa perlu ditekan untuk melakukannya?
6.         Apakah saya mendahulukan orang lebih dari jadwal pribadi saya?
7.         Apakah saya memiliki standar keputusan moral yang tidak berubah , atau apakah lingkungan menentukan pilihan saya?
8.         Apakah saya mengambil keputusan yang sulit, sekalipun harus kehilangan sesuatu?
9.         Ketika saya harus mengatakan sesuatu pada orang lain, apakah saya bicara pada mereka atau mengenai mereka?
10.      Apakah saya bertanggungjawab pada setidaknya satu orang mengenai apa yang saya pikirkan, katakan, atau lakukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar